“menurut Djamarah(2006:92) metode
pemecahan masalah(problem based learning)adalah penggunaan metode dalam
kegiatan pembelajaran dengan jalan melatih peserta didik menghadapi berbagai
masalah baik itu masalah pribadi atau peroranganmaupun masalah kelompok untuk
di pecahkan sendiri atau secarabersama-sama”.18Agt 2017
. Pengertian Problem Based Learning
(PBL)
Problem Based Learning (PBL) adalah kurikulum dan proses pembelajaran. Dalam kurikulumnya,
dirancang masalah-masalah yang menuntut siswa mendapat pengetahuan yang
penting, membuat mereka mahir dalam memecahkan masalah, dan memiliki strategi
belajar sendiri serta memiliki kecakapan berpartisipasi dalam tim. Proses
pembelajarannya menggunakan pendekatan yang sistematik untuk memecahkan masalah
atau menghadapi tantangan yang nanti diperlukan dalam karir dan kehidupan
sehari-hari.
Rumusan dari Dutch (1994), Problem
Based Learning (PBL) merupakan metode instruksional yang menantang siswa
agar “belajar dan belajar”, bekerja sama dengan kelompok untuk mencari solusi
masalah yang nyata. Masalah ini digunakan untuk mengaitkan rasa keingintahuan
serta kemampuan analisis siswa dan inisiatif atas materi pelajaran. Problem
Based Learning (PBL) mempersiapkan siswa untuk berpikir kritis dan analitis,
dan untuk mencari serta menggunakan sumber pembelajaran yang sesuai.
Problem Based Learning (PBL)
mempunyai perbedaan penting dengan
pembelajaran penemuan. Pada pembelajaran penemuan didasarkan
pertanyaan-pertanyaan berdasarkan disiplin ilmu dan penyelidikan siswa
berlangsung di bawah bimbingan guru
terbatas dalam ruang lingkup kelas, sedangkan Problem Based Learning (PBL)
dimulai dengan masalah kehidupan nyata yang bermakna dimana siswa mempunyai
kesempatan dalam memlilih dan melakukan penyelidikan apapun baik di dalam
maupun di luar sekolah sejauh itu diperlukan untuk memecahkan masalah.
Problem Based Learning (PBL)
merupakan pendekatan yang efektif untuk pengajaran
proses berpikir tingka tinggi, pembelajaran ini membantu siswa untuk memproses
informasi yang sudah jadi dalam benaknya dan menyusun pengetahuan mereka
sendiri tentang dunia sosial dan sekitarnya. Dengan Problem Based Learning
(PBL) siswa dilatih menyusun sendiri pengetahuannya, mengembangkan keterampilan
memecahkan masalah. Selain itu, dengan pemberian masalah autentik, siswa dapat
membentuk makna dari bahan pelajaran melalui proses belajar dan menyimpannya
dalam ingatan sehingga sewaktu-waktu dapat digunakan lagi.
Jadi Problem Based Learning atau
pembelajaran berbasis masalah adalah suatu strategi pembelajaran yang
menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk
belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta
untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran.
B. Ciri-ciri Problem Based Learning
(PBL)
Menurut Arends berbagai pengembangan
pengajaran Problem Based Learning (PBL) telah memberikan model pengajaran itu
memiliki karakteristik sebagai berikut:
- Pengajuan pertanyaan atau masalah
Pembelajaran berdasarkan masalah
mengorganisasikan pengajaran disekitar pertanyaan dan masalah yang dua-duanya
secara sosial penting dan secara pribadi bermakna untuk siswa.
- Berfokus pada keterkaitan antar disiplin
Meskipun pembelajaran berdasarkan
masalah mungkin berpusat pada mata pelajaran tertentu (IPA, matematika,
ilmu-ilmu sosial), masalah-masalah yang diselidiki telah dipilih benar-benar
nyata agar dalam pemecahannya, siswa meninjau masalah itu dari banyak mata
pelajaran.
- Penyelidikan autentik
Pembelajaran berdasarkan masalah
mengharuskan siswa melakukann penyelidikan autentik untuk mencari penyelesaian
nyata terhadap masalah nyata.
- Menghasilkan produk dan memamerkannya
Pembelajaran berdasarkan masalah
menuntut siswa untuk menghasilkan produk tertentu dalam karya nyata. Produk
tersebut bisa berupa laporan, model fisik, video maupun program komputer. Dalam
pembelajaran kalor, produk yang dihasilkan adalah berupa laporan.
- Kolaborasi dan kerja sama
Pembelajaran bersdasarkan masalah
dicirikan oleh siswa yang bekerja sama satu dengan yang lainnya, paling sering
secara berpasangan atau dalam kelompok kecil.
C. Langkah-Langkah Proses Problem
Based Learning (PBL)
Problem Based Learning (PBL) akan
dapat dijalankan bila pengajar siap dengan segala perangkat yang diperlukan.
Pemelajar pun harus harus sudah memahami prosesnya, dan telah membentuk
kelompokkelompok kecil. Umumnya, setiap kelompok menjalankan proses yang dikenal
dengan proses tujuh langkah:
- Mengklarifikasi istilah dan konsep yang belum jelas
Memastikan setiap anggota memahami
berbagai istilah dan konsep yang ada dalam masalah. Langkah pertama ini dapat
dikatakan tahap yang membuat setiap peserta berangkat dari cara memandang yang
sama atas istilah-istilah atau konsep yang ada dalam masalah.
- Merumuskan masalah
Fenomena yang ada dalam masalah
menuntut penjelasan hubungan-hubungan apa yang terjadi di antara fenomena itu.
- Menganalisis masalah
Anggota mengeluarkan pengetahuan
terkait apa yang sudah dimiliki anggota tentang masalah. Terjadi diskusi yang
membahas informasi faktual (yang tercantum pada masalah), dan juga informasi
yang ada dalam pikiran anggota. Brainstorming (curah gagasan) dilakukan dalam tahap
ini.
- Menata gagasan secara sistematis dan menganalisis
Bagian yang sudah dianalisis dilihat
keterkaitannya satu sama lain kemudian dikelompokkan; mana yang paling
menunjang, mana yang bertentangan, dan sebagainya. Analisis adalah upaya
memilahmemilah sesuatu menjadi bagian-bagian yang membentuknya.
- Memformulasikan tujuan pembelajaran
Kelompok dapat merumuskan tujuan
pembelajaran karena kelompok sudah tahu pengetahuan mana yang masih kurang, dan
mana yang masih belum jelas. Tujuan pembelajaran akan dikaitkan dengan analisis
masalah yang dibuat
- Mencari informasi tambahan dari sumber lain
Saat ini kelompok sudah tahu
informasi apa yang tidak dimiliki, dan sudah punya tujuan pembelajaran. Kini
saatnya mereka harus mencari informasi tambahan itu, dan menemukan kemana
hendak dicarinya.
- Mensistesis (menggabungkan) dan menguji informasi baru dan membuat laporan.
D. Kelebihan Problem Based
Learning (PBL)
Pembelajaran Problem Based Learning
atau berdasarkan masalah memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan model
pembelajaran yang lainnya, di antaranya sebagai berikut:
- Pemecahan masalah merupakan teknik yang cukup bagus untuk memahami isi pelajaran.
- Pemecahan masalah dapat menantang kemampuan siswa serta memberikan kepuasan untuk menemukan pengetahuan baru bagi siswa.
- Pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa
- Pemecahan masalah dapat membantu siswa bagaimana menstansfer pengetahuan mereka untuk memahami masalah dalam kehidupan nyata.
- Pemecahan masalah dapat membantu siswa untuk mengembangkan pengetahuan barunya dan bertanggung jawab dalam pembelajaran yang mereka lakukan.
- Melalui pemecahan masalah bisa memperlihatkan kepada siswa bahwa setiap mata pelajaran (matematika, IPA, sejarah, dan lain sebagainya), pada dasarnya merupakan cara berfikir, dan sesuatu yang harus dimengerti oleh siswa, bukan hanya sekedar belajar dari guru atau dari buku-buku saja.
- Pemecahan masalah dianggap lebih menyenangkan dan disukai siswa
- Pemecahan masalah dapat mengembangkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis dan mengembangkan kemampuan mereka untuk menyesuaikan dengan pengetahuan baru
- Pemecahan masalah dapat memberikan kesempatan pada siswa yang mengaplikasikan pengetahuan yang mereka miliki dalam dunia nyata.
- Pemecahan masalah dapat mengembangkan minat siswa untuk secara terus menerus belajar sekalipun belajar pada pendidikan formal telah berakhir.
E. Kekurangan Problem Based
Learning (PBL)
Sama halnya dengan model pengajaran
yang lain, model pembelajaran Problem Based Learning juga memiliki beberapa
kekurangan dalam penerapannya. Kelemahan tersebut diantaranya:
- Manakala siswa tidak memiliki minat atau tidak memiliki kepercayaan bahwa masalah yang dipelajari sulit untuk dipecahkan, maka mereka akan merasa enggan untuk mencoba
- Keberhasilan strategi pembelajaran malalui Problem Based Learning membutuhkan cukup waktu untuk persiapan
- Tanpa pemahaman mengapa mereka berusaha untuk memecahkan masalah yang sedang dipelajari, maka mereka tidak akan belajar apa yang mereka ingin pelajari.
Komentar
Posting Komentar