Metode pembelajaran adalah cara-cara yang dipergunakan guru dalam menyajikan bahan pelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, salah satu keterampilan guru yang memegang peranan penting dalam pengajaran adalah keterampilan memilih metode. Pemilihan metode berkaitan langsung dengan usaha-usaha guru dalam menampilkan pengajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi sehingga pencapaian tujuan pengajaran diperoleh secara optimal.
Definisi metode bermain peran (role playing) menurut para ahli
1.
Sapriya (2007:
110) mengemukakan bahwa: “Role playing atau bermain peran adalah metode pembelajaran
sebagai bagaian dari simulasi yang diarahkan untuk mengkreasi berbagai
peristiwa perubahan sosial budaya, mengkreasi peristiwa-peristiwa aktual atau
kejadian-kejadian yang mungkin muncul pada masa yang akan datang”.
2.
Menurut Wahab,
A. A (2009: 109) mengemukakan bahwa “Bermain peran (role palying) adalah
berakting sesuai dengan peran yang telah ditentukan terlebih dahulu untuk
tujuan-tujuan tertentu seperti menghidupkan kembali suasana historis misalnya
mengungkapkan kembali perjuangan para pahlawan kemerdekaan, atau mengungkapkan
kemungkinan keadaan yang akan datang.
3.
Ahmadi (2011:
54) Bermain Peran (role playing) “adalah
suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan
penghayatan siswa”. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa
dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini umumnya
dilakukan lebih dari satu orang, hal ini bergantung kepada apa yang diperankan.
Metode pembelajaran dengan role playing yaitu dengan metode drama atau peran. Metode ini dengan melibatkan siswa dalam berakting sebagai suatu karakter dalam suatu situasi tertentu dan menunjukkan respon yang seharusnya dilakukan. Pembelajaran melalui role playing ini melatih interaksi dan mengekspresikan diri secara nyata sebagai contoh atas kejadian yang sebenarnya. Hal ini juga bisa digunakan untuk latihan komunikasi yang baik, atau interaksi dengan orang lain atau klien.
A. Kelebihan metode role playing:
- Siswa mampu mempraktikkan secara langsung.
- Melatih rasa percaya diri di depan kelas.
- Lebih memahami materi.
- Tidak semua siswa menyukai metode pembelajaran ini.
- Metode ini akan sulit diikuti untuk tipe siswa yang introvert.
Komentar
Posting Komentar