Selain
itu, model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping juga
memungkinkan terjadinya asosiasi yang lebih lengkap pada informasi yang ingin
dipelajari, baik asosiasi antar sesama informasi yang ingin dipelajari ataupun
dengan informasi yang telah tersimpan sebelumnya di ingatan Yovan (Mahmuddin,
2009: 3).
Mind mapping adalah metode belajar
dengan menerapkan cara berfikir runtun terhadap suatu permasalahan bagaimana
bisa terjadi sampai pada penyelesaiannya. Pengajaran melalui mind mapping
disajikan dalam bentuk skema yang memiliki hubungan sebab akibat dan saling
berpengaruh. Metode belajar dengan mind mapping ini mampu meningkatkan analisis
dan berfikir kritis siswa sehingga memahami sesuatu secara keseluruhan dari
awal sampai akhir.
A. Kelebihan mind mapping, antara
lain:
- Cara ini lebih efektif dan efisien.
- Ide ide baru bisa muncul dengan menggambar diagram diagram.
- Digram yang terbentuk bisa menjadi alur berfikir yang efektif dan bermanfaat untuk hal lain.
B. Kekurangan dari model mind
mapping, adalah:
- Hanya siswa yang aktif yang mampu terlibat.
- Memerlukan dasar dengan banyak membaca sebelum membuat mapping.
- Beberapa detail informasi tidak masuk dalam mapping.
- Orang lain mungkin tidak dapat memahami mind mapping yang dibuat oleh orang lain karena hanya berupa poin inti saja yang dituliskan.
- Beberapa orang kesulitan merangkai panah atau alur mind mapping dengan rapi, dan seringkali mind mapping terkesan berantakan dan tidak dapat dipahami.
Komentar
Posting Komentar